Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Auctor Intellectualis

Sumpah, saya baru tahu kalau ternyata telah terjadi pergeseran makna frase auctor intelectualis yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi aktor intelektual. Ah, ke mana saja saya selama ini.

Mulanya kata tersebut bermakna otak di balik sebuah peristiwa, tidak selalu yang bersifat kriminal. Sedangkan dewasa ini  frase tersebut sering kali dipakai hanya untuk merujuk orang yang bertanggung jawab dalam sebuah peristiwa kriminal Proses seperti ini dikenal sebagai pergeseran makna (Steinmetz, 2008), yang sangat mungkin terjadi dalam kehidupan kita. Berita mengenai pementasan musik dengan bintang ternama misalnya, tak akan dipakai istilah aktor intelektual. Namun, bila beritanya tentang kerusuhan dalam perhelatan itu barulah orang akan memakai istilah aktor intelektual, padahal makna keduanya sangat jauh berbeda.

 

4 Responses to Auctor Intellectualis

  1. MT says:

    oh jadi hanya untuk yang negatif, ya? padahal sebenarnya tidak juga kan?

  2. utami utar says:

    @bang MT: bener. kalau bicara yang positif jarang sekali orang bilang aktor intelektual. trm ksh sdh mampir ya

  3. wongkamfung says:

    saya juga baru tahu. dan saya juga pengen tahu tulisan terbaru. ;-)

  4. utami utar says:

    @wongkamfung: hehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>