Bahasa Perempuan

Saya tidak bermaksud bias, hanya kebetulan di sini saya menulis mengenai bahasa yang dipakai oleh perempuan. Bisa jadi, lain kali saya menulis bahasa laki-laki. Nyatanya, dalam hal berbahasa, perempuan dan laki-laki memang berbeda. Perbedaan ini merefleksikan cara pandang, yang kemudian disampaikan dalam pilihan kata, kalimat, dan cara yang berbeda pula.

Sosiolinguis Janet Holmes mengatakan bahasa yang dipakai oleh perempuan pada umumnya lebih tertib kaidah. Ini disebabkan oleh beberapa faktor: kesadaran perempuan akan kelas sosial, peran perempuan dalam masyarakat sebagai panutan untuk anak-anaknya, status perempuan sebagai kelompok subordinat, dan kesadaran bahwa pemakaian bahasa juga menunjukkan identitas kaumnya.

Selain lebih tertib, bahasa perempuan biasanya cenderung lebih bersifat afektif, simpatik dan menunjukkan kedekatan sosial (rapport talk). Obrolan laki-laki cenderung lugas dan apa adanya (report talk).

Dalam menyampaikan pujian misalnya, perempuan lebih banyak memuji satu sama lain dibanding laki-laki. Dalam memberikan pujian, kalimat perempuan lebih personal dan banyak memakai kata sifat. Ini terjadi karena mereka memang melihat fungsi pujian secara berbeda. Perempuan memandang pujian sebagai representasi kedekatan dan kesopanan, sedangkan laki-laki melihat fungsi referensialnya. Pujian yang dilontarkan oleh laki-laki sifatnya lebih evaluatif.

Begitu besarnya perbedaan bahasa perempuan dan laki-laki ini, hingga komunikasi antara keduanya dimasukkan sebagai salah satu bahasan komunikasi antarbudaya. Perbedaan ini diwarisi dari leluhur yang memperlakukan mereka dengan cara berbeda, termasuk dalam hal berbahasa.

Saya jadi ingat kejadian beberapa hari lalu. Mata sahabat saya, laki-laki, mendadak berbinar ketika saya katakan pesan pendek dari seorang perempuan yang ditunjukkannya kepada saya itu ber-‘nada’ positif. Semula ia mengira sebaliknya.

Memang benar, komunikasi lintas gender bukan hal sederhana. Perempuan dan laki-laki akan tetap berbeda sampai kapan pun. Termasuk bagaimana mereka berkomunikasi. Men are from Mars, women are from Venus. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

error: Content is protected