Berbagi Ruang

berbagi ruangAkhirnya! Hari ini, 16 Oktober 2017, monograf pertama saya lahir. Berjudul Berbagi Ruang karena itulah tema yang membungkus tulisan-tulisan di dalamnya, yang embrionya berasal dari blog ini. Terima kasih untuk mereka yang memungkinkan tulisan-tulisan itu dibaca lebih banyak orang.

Ruang yang bukan hanya mengacu ruang secara fisik, namun juga ruang pikiran, tempat segalanya bermula. Kesadaran bahwa di dunia ini kita tidak hidup sendiri dan oleh karenanya harus berbagi ruang dengan orang lain dimulai dari persepsi sejak alam pikiran. Kesadaran seperti ini akan menumbuhkan pengertian bahwa penghuni bumi yang jumlahnya tak terhitung ini tentu tak mungkin sama dan serupa. Kemudian, lahirlah sikap menghormati, terutama kepada yang berbeda dari kita. Dalam hal apapun.

Sejatinya, yang disebut ruang privat adalah ketika kita seorang diri. Begitu ada orang lain, siapapun itu, akan menjadi ruang publik dan segala aturan terkait dengannya menjadi berlaku pula.

Demikianlah. Buku ini adalah pengingat buat saya untuk terus belajar. Belajar berbagi ruang dengan orang lain.

Judul: Berbagi Ruang
Penulis: Nur Utami SK
Penerbit: Frasa Media (2017)
Jumlah halaman xiv+214

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

error: Content is protected