Henna

henna croppedAkhirnya saya punya gambar cantik ini di tangan saya. Gambar ini saya dapatkan di Batu Caves, Kuala Lumpur.

Henna berasal dari tanaman dalam genus Lawsonia. Nama ini berasal dari bahasa Arab ḥinnāʾ. Selain dipakai dalam seni lukis tubuh temporer, pewarna ini juga digunakan pada rambut dan kuku.

Awalnya, henna dikenal di Semenanjung Arab, Asia Selatan, dan bagian utara Afrika. Di beberapa tempat, henna masih digunakan dalam upacara pernikahan tradisional. Henna ini sudah dipakai sebagai pewarna rambut selama 6.000 tahun.

Salah satu alasan perempuan memakai henna di tangannya adalah karena alasan femininitas dan untuk membedakannya dengan tangan laki-laki. Selain di tangan dan kuku tangan, mereka juga memakainya di kaki dan kukunya.

Henna yang saya pakai ini termasuk mehndi, yang lazim dipakai di wilayah India. Batu Caves adalah salah satu tempat ibadah umat Hindu India yang terletak di Gombak, Selangor, Malaysia. Gua ini adalah salah satu dari tempat ibadah paling populer mereka di luar India selain Kallumalai di Ipoh, Tanneermalai di Penang dan Sannasimalai di Melacca.

Selain di India, mehndi ini juga dipakai di negara sekitarnya seperti Bangladesh, Pakistan dan Sri Langka. Selain untuk acara tertentu seperti pernikahan, muslim India juga memakainya pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Sekarang gambar ini mulai pudar dan hampir sepenuhnya hilang, tapi lumayanlah, saya bisa menikmatinya selama hampir dua minggu. Love it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

error: Content is protected