Self Power

chopraSebenarnya buku ini sudah selesai saya baca beberapa waktu lalu, tapi karena alasan ini itu baru sekarang saya unggah tulisan ini. Self Power ini ditulis oleh Deepak Chopra, yang dikenal dengan buku-buku spiritualnya. Salah satu bukunya yang sangat populer adalah Ageless Body, Timeless Mind.

Buku ini diawali dengan pembedaan antara nasihat dan solusi. Masalah yang kita hadapi tidak akan selesai dengan nasihat. Masalah-masalah itu perlu solusi, yang bahkan bisa diaplikasikan jika kelak muncul masalah serupa. Yang sering kali tidak disadari adalah bahwa solusi itu sebenarnya ada dalam diri kita, karena kita sebenarnya punya kekuatan untuk itu. Self power.

Untuk menemukan solusi yang tepat dimulai sejak dalam pikiran, bagaimana mengubah persepsi dan asumsi. Adaptasi semacam ini perlu dilakukan. Without adaptability, none of us could survive.

Berbekal informasi yang cukup, kemudian kita menentukan pilihan solusi. Keputusan ini bisa tepat, bisa juga salah. Sayangnya, tidak ada rumus paten bagaimana menentukan sebuah pilihan yang tepat ini.

Buku ini terbagi menjadi empat bagian: gambaran mengenai solusi spiritual (What is a spiritual solution?), tantangan-tantangan dalam kehidupan (Life’s greatest challenges), konsultasi dan solusi (Deepak Chopra: One to one), dan menciptakan solusi kita sendiri (Creating your own solution). Semuanya mengajak belajar, baik dari masalah yang dihadapi orang lain maupun dari sisi kita sendiri, dengan melihat kekuatan yang kita miliki tanpa kita sadari.

Ada beberapa bagian yang sangat menarik. Satu di antaranya di halaman 68, mengenai kedewasaan. Bahwa kedewasaan adalah keadaan psikologis yang ditunjukkan dengan seimbangnya emosi, yang akan didapat melalui perjalanan hidup. Kedewasaan ini bisa dimulai dengan selalu berupaya mandiri dan bertanggungjawab terhadap segala sesuatu.

Maturity is a psychological state, not a physical one. It involves things like emotional balance, self-reliance, moderation, and the possession of foresight. If the journey isn’t completed, you can be fiftywhile still viewing the world through the mind of a fifteen-year-old.

Semua memang kembali ke diri kita, bagaimana kita melihat potensi dan kekuatan kita. Perlu upaya membuka (unblocking) yang hanya bisa dilakukan dengan ijin kita.

Do you realise how powerful you are?

Judul buku: Self Power
Penulis: Deepak Chopra
Jumlah halaman: 204
Penerbit: Rider (London, 2013)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

error: Content is protected